Film Horor Terbaru Suzzanna Malam Jumat Kliwon, Balas Dendam Sundel Bolong

Film Horor Terbaru – Kliwon Friday Night merupakan film horor Indonesia terbaru yang menceritakan kembali kisah tokoh legendaris Suzzanna. Film ini juga kembali dibintangi oleh Luna Maya sebagai hantu ikonik dari film hits tahun 80-an. Dalam film horor Indonesia ini, Luna Maya akan berperan bersama Achmad Megantara, Tio Pakusadewo, dan Sally Marcellina.

Berikut sinopsis Suzzanna: Kliwon Friday Night.

Kisah film ini berlatar tahun 1980-an tentang pasangan bernama Suzzanna (Luna Maya) dan Surya (Achmad Megantara). Mereka telah menjalin hubungan sejak lama dan sangat mencintai satu sama lain. Hubungan Suzzanna dan Surya memasuki babak baru ketika mereka berencana menikah. Namun rencana tersebut terganjal masalah besar karena orang tua Suzzanna terlilit hutang.

Hutang yang besar itu berasal dari Raden Aryo (Tio Pakusadewo), bos sekaligus orang terkaya di desa tersebut. Orang tua Suzzanna tidak mempunyai cukup uang, sehingga mereka mencari cara lain untuk melunasi utangnya. Raden Aryo kemudian menetapkan syarat dari https://shcattanbark.com/ agar utang tersebut dianggap lunas. Dia ingin Suzzanna menikah dengannya dan menjadi istri keduanya.

Minati akhirnya mendatangi dukun sakti untuk meminta pertolongan. Ia ingin memeras Suzzanna yang saat itu sedang hamil tua. Upaya santet tersebut berhasil hingga Suzzanna meninggal saat sedang mengandung bayi dan pada Jumat malam di Kliwon. Namun kematian tersebut tidak membuat Suzzanna hilang sepenuhnya. Ia masih menampakkan diri dalam wujud sundel bolong, hantu perempuan berambut panjang dan berbaju putih berlubang di bagian belakang.

Ia menjadi makhluk halus yang menyimpan dendam terhadap para pendosa di masa lalunya, terutama para pelaku ilmu hitam yang membunuh Suzzanna dan bayi dalam kandungannya. Suzzanna: Friday Night Kliwon disutradarai Guntur Soeharjanto dengan naskah karya Ferry Lesmana, Sunil Soraya, dan Tumpal Tampubolon. Guntur dikenal sebagai sutradara sejumlah film, seperti Lampor (2019), Makmum 2 (2021), dan Argantara (2022).

Luna Maya kembali dipercaya menjadi Suzzanna di film ini. Ia sebelumnya memerankan karakter ikonik tersebut dalam Suzzanna: Breathing in Graves (2018). Saat itu Luna Maya dibintanginya bersama Herjunot Ali, Teuku Rifnu Wikana, Alex Abbad, Verdi Solaiman, Kiki Narendra, dan Asri Welas. Sedangkan Suzzanna: Friday Night Kliwon dibintangi oleh sejumlah aktor pendukung berbeda. Beberapa di antaranya adalah, Achmad Megantara, Tio Pakusadewo, Sally Marcellina, Taskya Namya, dan Adi Bing Slamet. Suzzanna: Kliwon Friday Night juga dibintangi oleh Clift Sangra sebagai Pak Bekti. Ia merupakan mantan suami Suzzanna yang juga membintangi berbagai film bersama Queen of Horror.